Makin tergerusnya pasar motor bebek nasional tidak menyurutkan langkah PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) untuk menghadirkan varian motor baru berteknologi injeksi, yaitu dengan di gelontorkannya Jupiter Z1.
Lalu apa saja perbedaan motor ini dengan versi karburator? Yamaha Jupiter Z1 yang memiliki tagline "yang lain semakin ketinggalan lagi" bukan hanya dilengkapi mesin injeksi, motor ini juga memiliki tampilan baru yang lenih menawan. Disamping mengaplikasikan sistem injeksi, varian ini juga ditengarai sedikit berbeda dari YMJET-F1 yang dibenamkan pada Mio J dan Soul GT, dimana mesin Jupiter Z1 tetap menggunakan piston tempa (forged piston), namun kepala silindernya tidak ber-diasil (die aluminium silicon).
Mesin baru tersebut diklaim menjadikan performanya meningkat 20% karena mengadopsi teknologi motor balap YZ crankshaft technology, low friction technology dan tentunya forged piston.
YZ crankshaft technology ini meningkatkan akselerasi dan torsi, dan sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. Low friction technology berfungsi untuk memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Sementara forged piston yang memiliki daya tahan tinggi juga ringan akan mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi. Lengkap sudah dengan teknologi fuel injection yang membentuk high performance karena akselerasi lebih responsif.
Selain mesin perubahan juga terjadi pada body depan dan leg shield (sayap samping) yang cenderung mirip dengan Jupiter MX. Desain lampu sein juga dibuat lebih ramping, kemudian panel speedometer diberi aura sentuhan baru agar terlihat sporty. Ditambah dengan striping motor dengan tema gold metal dragon heart (naga emas yang sedang mencakar), striping ini untuk mengibaratkan naga robot yang dihidupkan teknologi FI yang canggih dan futuristik.
Untuk menyegarkan tampilan Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan warna merah dan hitam. Warna merah disematkan pada center blackbone, ini untuk pertama kalinya warna merah ada dibagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI.
Spesifikasi
Dimensi : P x L x T (mm) 1.935 x 680 x 1.065
Jarak sumbu roda : 1.240 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi jok motor : 765 mm
Berat isi : 101 kg (spoke wheel)/ 102 kg (cast wheel)
Kapasitas tangki bensin : 4,1 liter
Mesin
Type mesin: 4 langkah, 2 valve SOHC berpendingin udara
Jumlah/ posisi silinder : silinder tunggal/ mendatar
Volume : 113, 7 cc
Perbandingan kompresi : 9.3 : 1
Daya maksimum : 10.06 PS (7.4 KW)/ 7.750 rpm
Torsi maksimum : 9.9 Nm/ 6.500 rpm
Sistem starter : electrik starter dan kick starter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : total 1 liter
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System (FI)
Type transmisi : Rotary, 4 kecepatan
Rangka
Type rangka : Steel Tube Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : lengan ayun, suspensi ganda
Ban depan : 70/90-17 MC 38P
Ban belakang : 80/90-17 MC 44P
Rem Depan : cakram
Rem belakang : tromol
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
Battery : YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3 Ah)
Type busi : NGK-CR6HSA
Harga
Rp. 14 juta-an
Harga
Rp. 14 juta-an